Peranan Internet Bagi Kehidupan Manusia

PERANAN INTERNET BAGI KEHIDUPAN MANUSIA

Oleh Lalu Mardilal

BAB I PENDAHULUAN

A.LATAR BELAKANG
Perkembangan teknologi informasi dan komunikasi meningkat dengan cepat ,terutama dalamhal jaringan computer, jaringan computer mampu menghubungkan computer satu dengan computer lainnya.salah satu contoh jaringan computer adalah internet .internet merupakan teknologi jaringan raksasa yang telah menjadi realitas dalam kebutuhan informasi dan komunikasi jutaan manusia di dunia ini.
Internet sangat menarik bagi setiap orang karena bentuk informasi dapat berkomunikasi dengan seluruh manusia didunia ini.tidak terpisah oleh jarak dan lain sebagainya.internet mempunyai kelebihan sebagai media informasi dan komunikasi di bandingkan dengan media lain adalah informasi yang didapatkan lebih mudah ,cepat dan murah dengan jangkauan global.
B.Identifikasi Masalah

1. Pengertian internet
2. Sejarah perkembangan internet
3. Perangkat keras yang digunakan untuk mengaskses intenet
4. Manfaat internet sebagai media informasi dan komunikasi

C. Rumusan Masalah

1. Apakah internet itu?
2. Bagaimana sejarah pengembangan internet ?
3. Perangkat apa saja yang di butuhkan untuk mengakses internet!
4. Apa manfaat internet bagi kehidupan manusia?

d. Tujuan Penulisan

1. memberikan pemahaman kepada masyarakat tentang internet
2. menjelaskan berbagai macam perangkat yang di gunakan dan fungsinya, untuk mengakses internet
3. memberi penjelasan tentang salah satu pasilitasv yang disediakan internet.
membeikan informasi tentang manfaat dan kegunaan internet bagi kehidupan manusia.

e.manfaat
1. masyarakat menjadi tau tentang internet
2. masyarakat diharapkan bisa mengakses internet,baik untuk informasi maupun komunikasi dengan internet, masyarakat bisa menerima dan berkomunikasi lebih mudah ,cepat dan murah
3. masyarakat bisa mengakses informasi dan komunikasi berjangkauan global
mendidik masyarakat untuk maju mengikuti perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi (iptek).

BAB II PEMBAHASAN
1.PENGERTIAN INTERNET
Secara harfiah ,internet(kependekan dari inter – network)ialah rangkaian computer yang terhubung satu dengan yang lainnya di seluruh dunia.internet merupakan system computer umum , yang berhubungan secar global dengan mengguankan TCP/IP sebagai protocol pertukaraan paket (packet switching communication protocol )cara menghubungkan rangkaian dengan kaidah ini di namakan internetworking.
2.SEJARAH PENGEMBANGAN INTERNET
Rangkaian pusat yang membentuk internet diawaali pada tahun 1969 yan di kenal sebagai ARFANET ,yang di bangun oleh ARFA (united states department of defense advanced research projects agency)
Beberapa penyelidikan awal yang di sumbangkan oleh ARFANET adalah kaidah rangkaian tanpa pusat (decentralized network)queuening ,dan kaidah pertukaran paket(packet swiching).pada 1 januari 1983 ,ARFANET menukar protocol rangkaian pusat nya dari NCP Ke TCP/IP. Ini merupakan awal dari internet yang kita kenal hari ini .pada sekitar tahun 1990-an ,internet telah berkembang dan menyambungkan banyak pengguna jaringan computer, sehingga akses internet dapat kita manfaatkan untuk berbagai keperluan ,misalnya bisnis,social,pendidikan dan sebagainya.
3.PERANGKAT YANG DIGUNAKAN UNTUK MENGAKSES INTERNET
A.Perangkat keras untuk mengakses internet
1.modem
Modulator demodulator (modem )berfungsi untuk mengubah sinyal analog menjadi sinyal digital dari kabel telepon sehingga computer dapat terkoneksi dengan internet.personal computer (PC)biasa menggunakan modem dial up yang dihubungkan dengan saluran telepon. Modem dial up dibagi dua,yaitu modem internal yang di pasang didalam computer pada slot ekspansi yang tersedia,dan modem eksternal yang dipasang dengan menggunakan kabel communication atau serial .kecepatan modem dihitung dalam kbps(kilo bite per sekon)
2.saluran telepon atau TV kabel
Dengan saluran telepon dan modem dial up anda dapat mengakses internet ,misalnya melalui telkomnet instant tanpa harus mendaftar terlebih dahulu.untuk jaringan internet lainnya ,penggunaan modem dial up harus melakukan pendaftaran terlebih dahulu ke ISP ,misalnya CBN dan indosatnet .selain penggunaan saluran telepon untuk akses internet,anda dapat pula mengakses melalui TV kabel ,modem yang digunakan adalah modem kabel.
B.Internet service provider(ISP)
ISP berperan untuk memberikan jasa layanan akses internet baik untuk personal maupun corporate ,untuk akses internet modem dial updapat mengggunakan ISP telomnet tanpa harus mendaftar terlebih dahulu dengan biaya yang dihitung berdasarkan pemakaian pulsa ,namun, perusahaan lainnya mengharuskan pemakaian untuk melakukan pendaftaran terlebih dahulu,baru setelah itu ISP tersebut akan memberikan user ID dan password kepada pelanggannya.
4.MANFAAT INTERNET BAGI KEHIDUPAN MANUSIA
A.Penggunaan internet untuk memperoleh informasi
1.pelayanan world wide web(www)
www memberikan layanan untuk browsing atau surfing bagi pengguna internet. Layanan ini dapat memberikan informasi dalam berbagai format atau multimedia.
B.Penggunaan internet untuk berkomunikasi
Selain sebagai sumber informasi ,internet dapat digunakan pula sebagai media komunikasi .
1.Fungsi E-Mail sebagai alat komunikasi
Salah satu fasilitas kominiksai dengan internet yang sangat popular dan digemari leh pengguna internet diseluruh dunia adalah E-mail(electronic mail)fasilitas internet sangat ekonomiskarena cukup banyak website penyedia layanan e-mail gratis ,diantaranya www,yahoo com,plasa com,www hotmail com, dengan demikian bukan suatu hal yang asing,khususnya bagi pelajar untuk mengenal layanan layanan tersebut.
Layaknya sebuah surat ,saat dikirim harus mempunyai alamat yang jelas agar sampai ketujuan demikian juga dengan membuat e-mail ,berarti kita sekaligus membuat alamat e-mail kita.
BAB II PENUTUP
A.SIMPULAN
Internet ialah rangkaian computer yang berhubungan satu dengan yang lainnya diseluruh dunia .
Pengembangan internet diawali pada tahun 1969yaitu ARFANET yang di bangun oleh ARFA ,ARFANET menyumbangkan kaidah rangkaian tanpa pusat dan pada tahun 1983 ARFANET menukar protocol rangkaian pusatnya dari NCP ke TCP /IP,ini merupakan awal dari internet yang kita kenal sekarang
Untuk mengakses internet digunakan berbagai perangkat yaitu:
1.modem yang berfungsi untuk mengubah gelombang analog menjadi sinyal digital.
2.saluran telepon atau TV kabel
3.internet service provider(ISP) berperan untuk memberikan jasa layanan akses internet baik untuk personal maupun corporate.
Internet dapat digunakan untuk mengakses informasi melalui layanan world wide web(www)yaitu untuk layanan browsing &surfing .dan adapun penggunaan internet untuk komunikasi yaitu dengan menggunakan fasilitas e-mail(electronic mail)yang berfungsi untuk mengirim pesan atau gambar melalui internet.
B.SARAN – SARAN
1.Dengan kemajuan ilmu pengetahuan dan teknologi (iptek)khususnya internet di harapkan kepada seluruh siswa untuk selalu mengikuti perkembangan iptek dengan terus memacu kegiatan belajar baik di sekolah maupun di luar sekolah.
2.Bapak atau ibu guru memacu semangat para siswa untuk menulis dan memperbanyak kegiatan ilmiah berupa karya tulis untuk melatih kemampuan siswa berpikir kritis ,analisis dan sistematis.
3.Badan atau lembaga terkait di bidang pendidikan agar memperbanyak buku tentang teknologi informasi dan komunikasi untuk menunjang pembelajaran bagi siswa.
4.Badan atau lembaga terkait di bidang pendidikan agar mempasilitasi sekolah atau lembaga pendidikan untuk membangun sarana teknologi informasi dan komunikasi yang memadai.

IV DAFTAR PUSTAKA
Hidayat,Rudy,dkk.2004.Teknologi informasi dan komunikasi SMA kelas XII.erlangga:Jakarta.
Darmawan,Rudi.2008.Modul Teknologi informasi dan komunikasi.Hayati:Solo.
Haryono,Edi.2006.Teknologi informasi dan komunikasi untuk SMA /MA.Pustaka Manggala:Surakarta.

About these ads

4 Responses

  1. pak, ada daftar pustakanya yang lain ga buat referensi … makasih sebelumnya

  2. Aduh maaf sekali ya mbak..Makalah ini yang membuat adalah murid saya sebagai tugas dalam memenuhi target silabus, jadi di saya ga ada gitu. Maaf ya. Trim atas kunjungannya …

  3. Mas…blognya saya link, trim’s..

  4. Blog bapak Jaini juga saya link di blog saya. Salam kenal dari saya pak,,mari kta berkarya terus yg bermamfaat bagi sesama terutama dunia pendidikan di negeri tercinta ini….trims.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Follow

Get every new post delivered to your Inbox.