Perbedaan Antara Alat, Media, Sumber, dan Bahan Pembelajaran

Halo bapak ibu guru, kali ini kita bahas judul di atas mungkin masih ada diantara kita yang masih rancu pemahaman tentang alat, media, bahan dan sumber belajar itu apa saja.  Saya mohon maaf mungkin judul di atas sudah sering kita dengar atau sebut dalam menyusun Rencana Pelaksanaan Pembelajaran namun terkadang sedikit membingungkan mana yang termasuk alat, bahan, sumber, dan media pembelajaran.

Saya sampaikan secara singkat danoperasional saja semoga bisa lebih menjelaskan persepsi kita semua , bila ada diantara teman yang lebih paham silahkan dilengkapi lewat kolom komentar di bawah postingan ini.

Kita menggunakan tabel saja :

Alat Media Sumber Bbahan
Contoh :  Laptop, LCD, Film Strip, VCD, DVD, dan Alat peraga Berbentuk Benda lainnya seperti Patung Anatomi Tubuh, Mikroskop, Mikrometer Skrup, Vidio Camera, dan lain-lain.

 

Media adalah perantara untuk menyampaikan pesan pembelajaran.  Contoh PowerPoint, Aplikasi  tentang Tutorial Pembelajaran.

 

Contoh :  Orang (Guru), bisa juga TNI, Polisi, Aparat Negara lainnya, Buku Paket, Internet, Vidio, Gambar, Foto, Youtube, Google.

 

Merupakan bahan yang digunakan untuk membuat desain pembelajaran.  Bahan Pembelajaran boleh dikatakan sebagai turunan yang diambil dari sumber belajar.  Contoh bahan pembelajaran adalah Modul buatan guru, Ringkasan Guru, Diktat yang di buat guru, Materi bahasan yang dibuat di PowerPoint, Film atau Vidio tentang materi bahasan bisa juga yang diambil dari Youtube, Konten dari internet atau Google yang sesuai dengan materi bahasan, Audio, Audio Visual.

 

 

Demikian semoga bisa membantu teman-teman dalam membuat RPP.