Tips Meningkatkan Traffic dan Pagerank Blog

Traffic dan pagerank yang tinggi menandakan bahwa suatu blog atau konten suatu blog sangat penting di mata Google, karena itu traffic dan pagerank menjadi impian semua blogger.  Tidak ada yang tahu secara pasti bagaimana cara Google menilai suatu blog untuk layak mendapatkan pagerank, sampai saat ini sekalipun.  Memamg banyak tips-tips yang di tuliskan oleh sobat-sobat di internet tentang cara meningkatkan traffic dan pagerank.  Tapi sekali lagi itu adalah rahasia Bos Google.  Mungkin sobat yang lain pernah mengadakan penelitian dalam suatu kurun waktu tentang suatu cara namun itu akan sangat menyita waktu dan harus membuat blog percobaan.  Jadi sampai saat ini masih mungkin dan mungkin.

Maka dalam mungkin itulah, Dibawah ini saya akan mencoba berbagai kepada sobat semua, tapi ingat saya bukan ahli dan saya adalah jauh dari pemula alias gaptek di bidang blog memblog.  Dengan pengalaman saya ini saya tidak bermaksud menggurui sobat, saya hanya ingin menulis pengalaman saya dalam mendapatkan traffic dan pagerank, mungkin sobat mau dan tertarik, mencoba itu kan tidak ada salahnya.

Saya mulai aktif di wordpress tanggal 22 Desenber 2009, pada Update Google 31 Desember 2009 blog yang sobat baca ini  dihadiahi Pagerank 1 dan itu kurun waktunya hanya 9 hari sejak diluncurkan. Ingat Google mengupdate blog sobat setiap tiga bulan sekali, yaitu akhir Desember, Akhir Maret, Akhir Juni, akhir September setiap tahunnya. Dan pada Update 31 Maret 2010 kurang lebih 3 bulan 9 hari blog saya ini dihadiahi pagerank 2 oleh Google.  Alhamdulillah Google tidak meremehkan blog saya ini.

Apa yang saya lakukan?

Menurut pengalaman saya tidak ada yang istimewa, saya juga tidak mengerti apa itu SEO, php, dll barang langka itu.

Yang saya lakukan adalah :

1. Konten blog itu harus spesial atau tidak gado-gado.

2. Sering mengupdate konten blog tiap minggu atau tiap bulan, yang penting rutin walau hanya satu posting.

3. Setiap ada posting baru atau konten baru, jangan lupa langsung di submit ke http://www.google.com/addurl/ seperti yang sobat lakukan pada waktu pertama kali memasukkan blog sobat ke direktori Google, Untuk melaporkannya, memang walau tidak dilaporkan saja robot google akan mencarinya, maksudnya adalah supaya lebih cepat.

4. Setiap postingan diberi tag yang sesuai dengan konten, atau judulnya, usahakan dikombinasikan kata-katanya yang penting memiliki arti, kalau bisa lebih dari satu tag, tapi kalau memang harus  satu tag, gak apa-apa, jangan dipaksa jadi banyak tag nanti tagnya malah tidak nyambung dan tidak memiliki arti.

5. Share dengan blog yang sudah Dofollow, dengan memberikan komentar yang berkualitas, jangan melakukan spam dengan berkomentar pendek dan tidak nyambung.

6. Cari blog Dofollow yang sesuai dengan konten bog anda, mengapa? sebab itu sangat menguntungkan sobat.  Pengalaman saya selama ini sebelum saya selesai mengetik komentar di Blog Dofollow tujuan saya, maka di bawahnya sudah tampil link yang mengarah ke blog sya, itu artinya blog kita nyambung dari sinilah traffic akan berdatangan. Daftar blog Dofollow banyak bergentayangan di internet, sobat tinggal ketik kata kunci “blog dofollow” sobat akan ketemu website atau blog  penyedia daftar blog dofollow  yang sangat banyak.

7. Masukkan link blog siapa saja yang sesuai dengan konten blog kita atau yang senapas dengan isi blog kita, jangan takut tidak di link balik, tujuannya adalah untuk memuaskan pengunjung kita, mungkin mereka akan menemukan apa yang dia tidak dapatkan di blog kita.  Kalau blog sobat adalah wordpress maka pemilik blog yang kita link tadi akan mengetahui dari mana pengunjungnya datang yaitu blog sobat akan tampil di “blog stats Referrers”  mereka , ada juga yang tampil di top cliks mungkin selama ini kita berasumsi bahwa url yang tampil di top cliks itu hanya url yang ada di blogroll sobat tapi saya sering menemukan url asing yang merupakan asal datangnya pengunjung, setelah saya check url tersebut tidak ada di blogroll blog saya dan saya pastikan penyebabnya dia tampil adalah karena konten nya dengan konten blog saya ada kemiripan atau senapas, serta tagnya yang nyambung dengan tag postingan yang di cari,  tentunya ini keuntungan bagi kita yang didatangi, sebab akan meningkatkan traffic kita, jadi dengan menarauh link blog yang senapas secara sepihak (tanpa tukar link pun) akan menguntungkan sobat, hal ini sama dengan memperkenalkan blog kita sama mereka.  Tukaran link juga bagus, walau ini adalah metode tardisional tetapi masih jitu dan sering sobat lakukan.

8. Lakukan Submit blog sobat ke banyak mesin pencari,  kunjungi http://www.mypagerank.net/ untuk mensubmit Blog sobat sekitar 40 search enngine di dunia, daftar dulu 5 menit untuk account gratisnya  dan mamfaatkan banyak fiturnya ada ping service, url submiternya, dll.

9. Lakukan submit ke sekitar 50 search enggine di dunia melalui Total Ping http://www.totalping.com/ untuk mengetahui Blog sobat nyangkut di mana aja , biasanya kalau url kita belum diterima akan tampil tulisan merah , maka kunjungi segera search enggine tersebut dan segera lakukan ping manual, biasanya kita disuruh daftar dulu account gratisnya, gak apa 5 menit, tapi ada juga yang tidak usah daftar.

10. Daftarkan juga blog sobat ke http://technorati.com/ping dan http://www.dmoz.org/ sebelumnya daftar dulu 5 menit untuk account gratisnya.  Memang sangat sulit untuk kita diterima di direktori dmoz.org. Pendaftaran blog kita bisa saja diterima tapi belum tentu dimasukkan ke direktorinya, bisa menunggu 3 sampai 6 bulanan, tetapi tidak ada salahnya kita daftarkan dulu, siapa tahu diterima.

11. Manjakan Pengunjung dengan fitur AddThis seperti “Bookmark” dan “rss feed” dengan daftar dulu account gratisnya di http://www.addthis.com/ , dll.  OK

Demikianlah pengalaman saya selama ini.  Ingat sobat ini adalah pengalaman saya bukan SEO.  Saya orang yang tidak tahu apa-apa tentang dunia blogger, saya aktif di wordpress saja baru 3 setengah bulan sampai bulan April 2010 ini.

Untuk sobat saya yang telah tingkat mahir kirim tipsnya biar kita-kita ini dapat ilmu yang banyak dan bermamfaat.  Blog adalah gudangnya ilmu, ilmu akan tetap lekat dan abadi  bila kita berbagi sesama.  Kita tidak akan kekurangan bila kita berbagi.

Demikaiannlah Goresan saya ini dan saya mohon maaf  kepada sobat semuanya.  Salam jabat akrab dari saya, di pelosok tanah air.

Wassalam

24 Responses

  1. jalan-jalan sore hari, jumpa tempat tongkrongan di sini, sekalian nambah ilmu membaca artikel di Blognya, teriamakasih ya.

  2. Terima ksih telah berkunjung, mari kita belajar terus nambah ilmu…

  3. Alogaritma google memang membingungkan kita. apalagi sejak di akusisinya perusahan besar seacrh enggine dan directory oleh petinggi google. saya sangat terkesima dalam 9 hari saja bapak sudah bisa mendapatkan pagerank. saya rasa blog ini pemegang rekor tercepat mendapatkan pagerank 1 didunia dengan metode sehat. selamat ya pak saya jadi iri. oh ya mengenai kiat-kiat di atas apa yang disampaikan betul semua, namun untuk masuk ke directory dmoz bisakan dikatakan sulit dan sebuah keajaiban bila kita berhasil bertahan dsana slama 1 bulan, namun buat sobat-sobat blogger saran di atas bisa kita jadikan refrensi untuk di terapkan oleh kita, konsistensi mengupdate artikel blog adalah kunci utama dari seo. walaupun kita tidak pandai seperti master-master seo. namun dengan disiplin saya yakin seo blog kitapun akan terbentuk secara automatis tanpa adanya rekayasa meta tag.

    Pak sukses selalu ya.. oh ya link bapak sudah saya pasag di blog saya

  4. Terima kasih pak Abdussalman atas kunjungannya dan komentarnya yang amat positif buat saya dan sobat yang lain, memang Om Google ini sangat misteri. Link blog bapak sudah saya taruh di Blogroll. terima kasih dan sukses untuk bapak juga.

  5. Ia sama-sama pak.. saya ucapkan terima kasih juga telah berkunjung ke blog saya

    oh ya saya mohon maaf, komentar bapak sebelumnya telah saya hapus dari http://asksalman19.blogspot.com/2010/04/tutorial-cara-mudah-medapatkan-pagerank.html soalnya di karenakan nama saya jadi adus salman.. hehehe jadi lucu kesannya hehehe. mohon maaf ya pak atas ke tidak nyaman ini..

    Salam Kenal ^_^

  6. Mohon Maaf ya sobat Abdus Salman atas kekeliruan penulisan namanya.

  7. selamat mlm bos yang baik? sblmnx aq brtrm ksh cz tlh membrkan bnyak pengetahuan tp yg aq maksud msh lom ku tmukan

  8. Terima kasih sobat Ahmad bagas atas kunjungannya dan telah meluangkan waktu untuk membaca artikel ini, semoga anda mendapatkan apa yang anda cari di tempat yang lain..Selamat dan Sukses ubtuk anda…

  9. info yg bermanfaat pak…makasih…baru newbie neh…
    kunjungi juga indoherman.blogspot.com
    kasih saran bwt blog saya ya pak..
    makasih ^_^>

  10. Terima aksih rekan herman atas komentarnya, blog anda bagus apalabi bahasa inggris sangat cocok untu adsense. salam kenal dari saya.

  11. Ok infonya bermamfaat, dan saya akan coba. terimakasih…

  12. Selamat mencoba sobat dan trims atas kunjungannya.

  13. sore-sore dapat trik juga, makasih atas infonya, boleh tukeran linknya saya tunggu deh

  14. terima kasih info’y.., Q bingung ne masak page rank dari dulu ug nol., suram suram .. hehe
    salam kenal ya mas.. visit visit my blog http://allfine.wordpress.com

  15. Terima kasih juga, saya persilahkan utk tukeran link, boleh siapa saja… termasuk anda jangan lupa konfirmasi ya biar saya pasang link anda…..sukses

  16. Ya posting terus, tukar link, submit jangan lupa setiap ada posting baru di googleaddurl, dan di google web master tool juga. trims dan salam kenal juga….

  17. salam kenal dan terima kasih tipsnya. saya terus terang sangat penasaran dengan traffic ini, saya sudah lebih setahun ngeblog tapi mendapatkan traffic kok rasanya susah ya. PR juga baru satu dan mudah2an dapat ditingkatkan lagi, pingin seperti bapak dapat PR 2 atau lebih tinggi. Wassalam

  18. ok silahkan dicoba mudahan blog anda memiliki traffic dan pr tinggi. OK. Salam kenal juga …..

  19. Thanks for the sharing…. I’ve been doing some of those but wasn’t quite sure what’s next🙂 now I know

  20. never give up! keep doing it! thanks for visiting my blog

  21. cocok banget buwat blog baru nih….

  22. yach selamat mencoba ….

  23. ikutan baclink aja deh. biar numpang tenar heheheheh

  24. ok boleh silahkan aja.

Leave a Reply

