Contoh RPP PKn Kelas XII Berkarakter

Ini adalah contoh Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) berkarakter dengan format  Permendiknas No. 41 tahun 2007 tentang Standar Proses.  Contoh ini mungkin cocok untuk anda saya ingin berbagi.  Mungkin kita sering bertanya seperti apakah RPP yang benar itu ? tidak ada jawaban yang pasti seperti apakah RPP yang baik itu oleh karena itu untuk saat ini RPP yang kita persembahkan dalam mengajar kita adalah berdasarkan Format Permendiknas No. 41 Tahun 2007 itu dan inilah Format itu:

Rencana Pelaksanaan Pembelajaran

( RPP )

Satuan Pendidikan  : Madrasah Aliyah Negeri 1 Praya

Kelas                              : XII

Semester                      : 1

Program                       : IPA, IPS, Bahasa dan Agama

Jumlah Pertemuan       : 2 Kali Pertemuan

II.      Standar Kompetensi ( SK )

1. Menampilkan sikap positif terhadap Pancasila sebagai ideologi terbuka

III.    Kompetensi dasar ( KD )

1.1. Mendeskripsikan Pancasila sebagai ideologi terbuka

IV.    Indikator

1.1.1. Mendeskripsikan pengertian ideologi

1.1.2. Menganalisis Pancasila sebagai ideologi negara

1.1.3. Menguraikan sejarah perumusan Pancasila

1.1.4. Menunjukkan rumusan definitif Pancasila

1.1.5. Menguraikan fungsi Pancasila sebagai ideologi negara RI

1.1.6. Mendeskripsikan idiologi terbuka dan ideologi tertutup

1.1.7. Menyimpulkan Pancasila sebagai ideologi terbuka

V.      Tujuan Pembelajaran

1. Dengan membaca dan mengamati literatur tentang definisi ideologi siswa dapat mengetahui pengertian ideologi  menurut ahli.  ( Karakter : Gemar membaca, Mandiri, Kerja keras,Tanggungjawab, didisplin, Jujur )

2. Dengan menganalisa literatur siswa dapat mengemukakan makna pancasila sebagai ideologi negara.  ( Karakter : Mandiri, tanggungjawab, Disiplin, Kerja keras )

3. Dengan membaca literatur siswa dapat menguraikan kembali sejarah singkat perumusan Pancasila sebagai dasar negara.  ( Karakter : Komunikatif, Gemar membaca, Disiplin, Kerja keras, Tanggungjawab, Mandiri )

4. Dengan memperhatikan penjelasan guru siswa dapat mengemukakan rumusan definitif Pancasila. ( Karakter : Peduli sosial, Demokratis, Bersahabat, Disiplin )

5. Dengan membaca buku sumber dan penjelasan guru siswa dapat menguraikan kembali fungsi Pancasila sebagai ideologi negara RI.  ( Karakter : Gemar membaca, Mandiri, Bersahabat, Peduli sosial, Disiplin, Kerja keras, Tanggungjawab, mandiri )

6. Dengan membaca buku sumber siswa dapat mengetahui ciri-ciri ideologi tertutup dan ideologi terbuka.  ( Karakter : Gemar membaca, Disiplin, Kerja Keras, Tanggungjawab, Mandiri )

7. Dengan menganalisa literatur dan keterangan guru siswa dapat membedakan    antara ideologi tertutup dengan ideologi terbuka.  ( Karakter : Disiplin, Kerja keras, Tanggungjawab, Mandiri, Komunikatif )

8. Melalui diskusi siswa dapat menyimpulkan Pacasila sebagai ideologi terbuka.  ( Karakter : Demokratis, Peduli sosial, Bersahabat/Komunuikatif, Mandiri, Tanggungjawab, Disiplin, Kerja keras )

9. Melalui tugas individual yaitu mengamatai perilaku masyarakat sekitar tempat tinggal siswa dapat memberikan contoh realita nilai dasar Pancasila.  ( Krakter : Peduli sosial, Peduli lingkungan, Rasa ingin tahu, Mandiri, Tanggungjawab, Jujur, Mandiri )

VI.    Materi Ajar

1. Pengertian ideologi menurut Nicollo Machiavelli, Antoine Destut de Tracy, Karl Marx, Louis Althusser, Encyclopedia Internasional.

2. Makna Pancasila sebagai ideologi negara

3.  Proses perumusan Panacasila sebagai dasar negara

4. Rumusan definitif Pancasila, yang benar dan syah

5.  Fungsi pancasila sebagai ideologi negara RI adalah Pancasila sebagai dasar negara, Pancasila sebagai pandangan hidup bangsa, pancasila sebagai Jiwa kepribadian bangsa Indonesia, pancasila sebagai perjanjian luhur bangsa Indonesia.

6.  Pengertian ideologi terbuka dan ideologi tertutup, Ciri-ciri ideologi terbuka dan ideologi tertutup, Perbedaan antara ideologi terbuka dengan ideologi tertutup.

7.  Pancasila adalah ideologi terbuka (an sich)

8. Nilai-nilai dalam Pancasila yaitu nilai dasar, nilai instrumental, dan nilai praksis.

VII.   Alokasi Waktu : 4 x 45 Menit

VIII.  Metode Pembelajaran

Ceramah bervariasi dengan Tanya jawab, diskusi kelompok menggunakan Jigsaw ( Tim Ahli )

IX.     Kegiatan Pembelajaran

          I. Pendahuluan

1. Penyampaian Standar Kompetensi ( SK ) dan Kompetensi Dasar ( KD )

2. Penyampaian motivasi

3. Penyampaian indikator dan tujuan pembelajaran

4. Review dan apersepsi

5. Penyampaian cakupan materi

II. Kegiatan Inti

A. Pertemuan Pertama ( Untuk tujuan pembelajaran No. 1, 2, 3, 4, 5 )

1. Eksplorasi

  • Siswa menggali informasi tentang pengertian ideologi, makna Pancasila sebagai ideologi negara, proses perumusan Pancasila sebagai dasar negara, rumusan Pancasila yang benar dan syah, fungsi Pancasila sebagai ideologi negara.

2. Elaborasi

  • Siswa mengemukakan definisi ideologi menurut ahli, mengemukakan makna Pancasila sebagai ideologi negara, menguraikan secara singkat proses perumusan Pancasila, mengemukakan rumusan pancasila yang benar dan syah, serta mengemukakan fungsi Pancasila sebagai ideologi negara yaitu sebagai dasar negara, sebagai pandangan hidup bangsa, sebagai jiwa dan kepribadian bangsa serta Pancasila sebagai perjanjian luhur bangsa Indonesia.

3. Konfirmasi

  • Guru melakukan pelurusan dan penguatan konsep terhadap hasil eksplorasi dan elaborasi, memberikan jawaban terhadap pertanyaan siswa.

B.  Pertemuan Kedua ( Untuk tujuan pembelajaran No. 6, 7, 8, 9 )

1. Eksplorasi

  • Siswa menggali informasi tentang definisi ideologi terbuka dan ideologi tertutup serta ciri-ciri ideologi terbuka dan ideologi tertutup.
  • Mendiskusikan Pancasila sebagai ideologi terbuka.
  • Mengerjakan tugas tentang realita nilai dasar Pancasila di tengah kehidupan masyarakat.

2. Elaborasi

  • Mempresentasikan hasil diskusi kelompok.
  • Mengemukakan hasil pengamatan realita masyarakt sekitar yang bertkaitan dengan nkilai dasar Pancasila.

3. Konfirmasi

  • Guru mengadakan penguatan terhadap hasil diskusi kelompok dan tugas siswa.

III. Kegiatan Penutup

  • Menarik kesimpulan dan umpan balik terhadap proses dan hasil pembelajaran yang telah dilakukan.

X.     Penilaian Hasil Belajar

Prosedur              :  Tertulis pilihan ganda dan penilaian proses

Intrumen            :  Ada di buku soal hal. 4-6 dan kunci jawaban di hal. 41 KD 1.1

(Instrunen atau soalnya boleh ditampilkan langsung di sini)

Instrumen Penilaian Proses Diskusi :

Topik : Pancasila adalah ideologi terbuka bagi bangsa Indoneisa

No

Nama Siswa

Keaktifan dalam proses diskusi

Sangat aktif

Aktif

Kurang Aktif

Tidak aktif

skor

Nilai

1

2

3

4

5

6

7

8

dst

Keterangan

  • Sangat aktif     : Skor   90 – 100          Nilai A
  • Aktif                   : Skor   80 -  89            Nilai B
  • Kurang aktif    : Skor   70 -  79            Nilai C
  • Tidak Aktif       : Skor   69 – ke bawah Nilai D

XI.  Sumber Belajar

1. Modul PKn Kelas XII

2. Media belajar menggunakan Powerpoint interaktif

3. Laptop, LCD Projector

Praya, 10 Juli 2012

Mengetahui

Kepala Sekolah                                                                       Guru Mata Pelajaran PKn

About these ads
Follow

Get every new post delivered to your Inbox.